KarmaPhala

Karma Phala berasal dari bahasa sansekrta Karma yang berarti perbuatan dan Phala yang berarti hasil. Jadi Karma Phala adalah hasil dari perbuatan.
Phala dari seseorang berasal dari tiga hal yaitu pikiran, perkataan dan perbuatan (tri kaya parisudha). Sebua perbuatan yang baik (susila) pasti akan mendapatkan phala yang baik atau disebut Pahala sedangkan perbuatan yang buruk (asusila) akan mendapatkan phala yang buruk pula atau disebut (dosa). Didalam Agastya Parwa 355, 15 disebutkan bahwa :
“bhatara dharma ngaran ira bhatra yama sang kumayatnaken subhasubha prawriti nikang sekala janma”                                                                                                                                                                                                      artinya : Bhatara Dharma juga bergelar bhatara Yama(pelindung keadilan yang mengamati/mengadili baik buruk perbuatan manusia).
Peradah tegalsari Image karmaphala
Baik buruk karma itu akan memberi akibat yang besar terhadap kebahagian atau penderitaan hidup manusia. Pengaruh karma itulah yang menentukan nilai dari watak manusia.
Karma Phala terbagi menjadi tiga :
·         Sancita Karma Phala :  Phala dari perbuatan terdahulu yang belum sempat habis dinikmati pada masa itu terbawa hingga sekarang dan dinikmati sekarang.
·         Prarabda Karma Phala : Phala dari perbuatan kita pada kehidupan sekarang dan dinikmati sekarang juga tanpa ada sisanya.
·         Kriyamana Karma Phala : Phala dari perbuatan sekarang yang belum habis dinikmati sekarang terbawa ke masa depan dan dinikmati pada masa depan.
Hukum Karma Phala adalah hukum yang bersifat universal artinya setiap makhluk hidup yang melakukan perbuatan pasti akan mendapatkan Phala (hasil).

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net