OGOH-OGOH MENIMBULKAN BANYAK MASALAH?

Peryataan yang selalu muncul setelah pawai ogoh-ogoh adalah ogoh-ogoh selalu menimbulkan masalah lebih baik tidak usah dilaksanakan!!! seruan seruan seperti ini seelalu saja muncul setiap habis gelaran pawai ogoh-ogoh.Lalu Apakah benar ogoh-ogoh menimbulkan banyak masalah? Bukankah ogoh-ogoh hanyalah patung atau sebuah karya seni yang merupakan simbolisasi dari para buthakala.

Ogoh-ogoh tegalsari
*(semarak kegiatan ogoh-ogoh)


Dalam setiap rapat sebelum pelaksanaan pawai ogoh-ogoh selalu saja muncul perbedaan pendapat antara para tokoh umat, selalu saja ada pro-kontra, lalu sebenarnya masalah apa yang terjadi.
Berikut beberapa masalah yang terlontarkan dalam beberapa rapat yang telah diadakan :

1. banyak pemuda yang mabuk-mabukan dalam setiap acara pawai ogoh-ogoh.
ya memang ini bukan sebuah hal baru.Setiap dalam pegelaran pawai ogoh-ogoh selalu saja ada hal semacam ini bahkan seperti tren setiap tahun.Lalu apakah ini penyebabnya adalah ogoh-ogoh? seperti yang saya sampaikan diatas bahwasanya ogoh-ogoh hanyalan bentuk kreativitas seni, simbolisasi dari para buthakala, ogoh-ogoh bukanlah miras yang bisa diminum, bukan pil ekstasi dan bukan pula sabu".

Masalah sebenarnya adalah ada pada diri orang-orang yang mabuk tersebut bukan pada ogoh-ogoh.Lalu selama ini para tokoh umat dan lembaga apakah sudah bisa mengayomi, memberikan bimbingan kepada umat sebagai bentuk pencegahan daripada hal tersebut? mungkin sudah, tapi apakah sudah maksimal? dari sekian progam-progam yang dilaksanakan sebenarnya adalah kontrol lah yang paling penting, evaluasi dari setiap progam sudahkah maksimal atau belum dan hal yang lain yang perlu dilakukan adalah para tokoh umat harus memberikan sebuah pendidikan atau penyuluhan kepada umat terutama para orang tua agar dapat mengarahkan para putra-putrinya ke arah yang lebih baik karna seperti yang kita tau banyak daripada umat kita yang kualitas pendidikanya sangatlah rendah, maka daripada itu jangalah heran jika hal-hal seperti diatas terjadi.
Peran daripada lembaga sebagai pengayom umat disini sangatlah penting untuk memberikan sebuah penyuluhan, tapi hal yang perlu kita tahu bersama bahwa mabuk-mabukan dan sejenisnya itu tidak bisa langsung dimusnahkan karna pada dasarnya itu sudah ada bahkan sejak jaman mahabharata. Kontrol dan ke konsistenan kita serta keyakinan untuk sedikit demi sedikit menghilangkan hal ini dan berjalan bersama sama adalah suatu bentuk yang mungkin lembaga dan tokoh umat patut laksanakan.
Sebenarnya bukan hanya satu masalah itu saja, berikut beberapa masalah yang lain:
1. Terjadi pertengkaran sesama umat bahkan dengan umat lain.
2. Kemacetan di jalan.

Tiga masalah pokok yang sering terjadi yang menimbulkan persepsi negatif terhadap acara ogoh-ogoh, tapi kita harus ingat bukan acanya bukan ogoh-ogohnya tapi pelaku yang melakukan hal tersebutlah yang bersalah dan kontrol dari kita semua adalah pencegahanya.
Harapan kami kedepanya adalah semoga para tokoh umat, pemuda,  dan lembaga bisa memberikan penyuluhan kepada umat dan menjadikan kualitas umat semakin meningkat.

2 comments:

  1. Kita tidak bisa menyalahkan orang tua atau lebih lebih lembaga. Karena kenkalan remaja itu adalah suatu bentuk dari sifat dan watak dari seseorang. Lembaga sudah sering kali mengingatkan dan lembaga juga sudah membentuk wadah untuk menanggulangi kenakalan remaja. Seperti contoh pasraman dan peradah. Tapi kembali semua tergantung dari pribadi masing. Sebagai anggota peradah (pemuda) kita semua juga harus bisa ikut andil untuk mengingatkan kepala sesama teman jika ada penyimpangan prilaku. Jadi semua harus bersatu jika ingin ada kedamaian.

    ReplyDelete
  2. baik terima kasih, itulah memang yang kita harus lakukan, bergerak bersama-sama untuk melangkah lebih baik.

    ReplyDelete

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net